Skip to main content

[IT] Membangun Software House

Dalam sebuah milis, muncul diskusi tentang perbandingan kerja di bidang IT atau bikin software house sendiri. Ada seseorang yang menyampaikan pandangan menarik tentang tips untuk memulai sebuah software house.

Buatlah perusahaan real / legal / resmi, artinya anda harus mengurus SIUP, TDP, dan NPWP, karena dengan berbekal NPWP, anda bisa bersaing dengan perusahaan2 untuk mendapatkan tender2 yang dibuat oleh badan / instansi pemerintahan & Customer akan merasa lebih aman karena persh kita terdaftar di Dirjen Pajak. Saat ini buuaaannyyuuuaaakk sekali perusahaan fiktif yang promosi bahwa mereka bisa membuat program ini itu dan yang lainnya tapi mereka tidak akan bisa menembus badan / instansi pemerintahan ( kecualidapat proyek sub dari perusahaan lain ).

Create a customer list. Artinya setiap kesempatan yang menghampiri anda jangan pernah ditolak, entah itu proyek besar ataupun kecil ataupun cuma proyek perseorangan, karena promosi yang paling mujarab adalah promosi dari mulut ke mulut, mungkin anda sekarang dapat proyek kecil, tapi biasanya kalau customer tersebut suka dengan hasil yang anda tunjukkan, tidak tertutup kemungkinan dia akan merekomendasikan anda ke temannya yang bakal jadi customer anda selanjutnya untuk membuat suatu proyek besar. Semakin banyak customer anda semakin besar kepercayaan orang kepada anda.

Untuk pertama - tama, jika modal anda tidak mencukupi, buatlah program dengan developer yang free, contoh : database menggunakan postgreSQL atau MySQL atau SQL Server 2005 Express Edition atau Oracle Express Edition, atau PHP.
Selalu gunakan software licensed jika suatu saat ada sidak dari DepKomInfo anda tidak perlu takut dituntut.
Selalu bawa kartu nama anda di dompet & sebarkan kartu nama anda ke setiap orang yang anda temui, entah itu di terminal, airport, café, ataupun di seminar2 yang anda ikuti, karena anda tidak akan pernah bisa menduga kapan anda akan bertemu dengan calon customer anda. Sebuah kartu nama yang ideal adalah : Terdapat logo perusahaan yang mudah diingat oleh orang, buat sebaris slogan tentang perusahaan anda contoh : Sosro Ahlinya Teh, Coca Cola Segarnya Mantap, dll. Selalu sertakan website & email address anda disana. Pastikan tulisan di kartu nama anda terbaca dengan jelas sehingga orang tidak perlu memicingkan matanya hanya untuk membaca. Gunakan warna yang cerah atau foto, selalu gunakan kertas yang mengkilat dan tebal karena ada kemungkinan kartu anda dimasukkan ke dalam tumpukan kartu nama yang lain, orang akan lebih mudah tertarik kepada kartu nama anda, efek psikologis ini memungkinkan anda memperoleh project lebih banyak.

Buat website / minimal blog di internet, sehingga orang2 tahu bahwa ada nama perusahaan anda di dunia ini. Jika memungkinkan beli domain sendiri, saat ini harga domain sangat murah kok, bahkan ada yang cuma 100 ribuan setahun, di depan customer, anda akan terlihat lebih "keren", meskipun kita yang di bidang IT sama - sama tahu bahwa itu adalah hal biasa, ya nggak ?....

Selalu update pengetahuan & wawasan anda tentang IT dan juga tentang yang lainnya, contoh : jika anda akan membuat program akuntansi, pastikan anda paham tentang akuntansi, jika akan membuat program tentang HRD / payroll, pastikan anda tahu tentang peraturan2 pemerintah & lainnya yang berhubungan. Karena saya percaya bahwa otak kita adalah satu-satunya "HARDDISK" yang tidak ada "MAXIMUM CAPACITY"-nya. Jangan sampai terlihat "o'on" di depan customer waktu mereka ngajak ngobrol kita.

Jika anda mendapatkan sub - proyek dari persh. Lain, pastikan anda boleh memasang nama Customer sebagai customer list kita, atau minimal nama perusahaan pemberi proyek tersebut.

Bersiap - siaplah mengetatkan ikat pinggang karena tidak ada perusahaan yang langsung besar di dunia ini, sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang anda terima, contoh : William Dell dulunya juga jualan computer dari rumah ke rumah sampai sekarang dia bisa bikin persh pembuat computer berdasarkan pesanan yang besar di dunia ini.

Jika perlu, anda merangkap sebagai Direktur, Marketing, Sales, dan Programmer sekaligus dalam perusahaan yang anda pimpin untuk menghemat biaya pengeluaran. Jangan terburu-buru ambil karyawan banyak2 pada awal pendirian anda. Namun sekali lagi, dimata Customer, anda adalah Direktur, so ... behave like a Leader.

Bersahabatlah dengan teman anda dan juga Cintailah musuh anda. Lihatlah kelebihan2 yang dimiliki oleh pesaing anda dan pastikan anda bisa membuat karya yang lebih baik, kebanyakan orang hanya melihat kekurangan orang lain dan berusaha membetulkannya, di dunia bisnis itu kurang, dan jika anda hanya berbuat seperti itu, maka anda hanya akan bisa "BERTAHAN" dan tidak bisa "MAJU".

Jika anda merasa sudah telalu overcapacity karena terlalu banyak proyek, berikan kepada orang yang PALING ANDA PERCAYA dan sebisa mungkin freelancer yang tidak ada kerjaan serta jangan anda lepas 100%, dan selalu bertindaklah sebagai "Qualiti Assurance" yang cerewet dan detail, percuma jika anda memberikan kepada ORANG YANG PINTER tapi pada akhirnya projectnya tidak selesai. Sekali anda cacat dimata customer, selamanya dia akan mengumumkan ke teman2nya bahwa anda adalah orang yang tidak dapat dipercaya.

Ada pepatah Inggris : "We teach some by what we say. We teach more by what we are. We teach most by what we do. Everyone knows you - not by what you say or what you are. They know you by what you do"

Pada awal2 pendirian akan banyak sekali masalah yang datang, entah itu dari keluarga, teman, atau bahkan saingan. Perkuat mental anda, bicarakan hal ini dengan keluarga, teman dan yang lain supaya mereka mengerti & minta dukungannya.

Jangan terburu-buru pinjam modal ke BANK, pengusaha yang baik selalu berusaha dari dompetnya sendiri karena anda tidak perlu dipusingkan dengan membayar cicilan hutang.

Ungkapan "PELANGGAN ADALAH RAJA" adalah salah. Anda harus selalu membiasakan diri untuk menganggap "PELANGGAN ADALAH ORANG BIASA" yang perlu kita jadikan mitra / partner / konsultan. Jangan takut untuk membetulkan usulan / pilihan dari customer yang kita anggap salah karena kita memiliki solusi yang lebih baik. Dengan menganggap customer sebagai orang biasa yang juga punya kekurangan baik dibidang informasi atau pengetahuan maka kita akan lebih berhati hati dalam melakukan transaksi dan kita akan dengan sabar mendampingi prospect atau calon customer dalam menentukan pilihan atas produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhannya bukan sekedar yang diinginkannya. Kita pun akan lebih terpanggil untuk tidak bosan menghubungi customer untuk menanyakan apakah dia puas dengan produk/jasa yang dibelinya.

Persiapkanlah administrasi & dokumen2 penunjang bagi perusahaan anda, contoh : template proposal, faktur pajak, company profile, dll. Jangan buang waktu anda percuma dengan mencari arsip yang tidak tertata secara rapi.

Last but not Least. Selalu minta tuntunan dari TUHAN. dalam bisnis ada banyak perkara yang tidak bisa selalu diputuskan oleh kepintaran & kerja keras. Misalnya: bagaimana memilih bisnis yang sesuai, bagaimana memilih investment yang tepat, bagaimana memilih orang orang yang tepat dalam berpartner, bagaimana tahu dan merasakan kalau kamu akan dicurangi pegawai, dan banyak keputusan bisnis penting lainnya. Orang umum bilang, asah saja intuisi kita, tapi saya percaya pertolongan Tuhan memampukan kita untuk lewati semua ini.
Dhani Aristyawan, S.Kom.
Pasuruhan

Comments

postingan yang sangat bagus. ini dia yang saya cari-cari.
Denis Haryanto said…
wah, postingan yang bagus buat saya yang lagi coba2 buat software house & siapa saja. trims kang..
@denis mas lagi buat software house ya??
join yuk mas saya seorang programmer tp msh newbie boleh lah kita berpartner untuk membuat SH.rahadiasyah_sumbar@yahoo.com ini email saya tolong balas ya.tq
@ denis
mas lagi buat SH ya??boleh ga saya join saya programmer tp msh newbie. rahadiansyahsumbar@gmail.com itu email saya tolong balas segera.tq

Popular posts from this blog

PostGreSQL :: Hitung Umur

Ternyata untuk menghitung umur dari data yang disimpan di PostGreSQL sangat gampang. PostGreSQL sendiri sudah menyediakan fungsi yang mendukung. Beberapa fungsi yang bisa dipakai adalah AGE dan EXTRACT. AGE dipakai untuk menghitung umur dari sebuah data, dibandingkan dengan hari ini, atau dengan data lain (tipenya timestamp). Misal: age(timestamp '1980-09-27'), akan menghasilkan nilai (bertipe interval) "24 years 1 mon 25 days". Nah, kalau mau mengambil nilai tahunnya saja, tinggal menggunakan EXTRACT Contoh: EXTRACT(year FROM AGE(timestamp '2001-09-27')), hasilnya akan jadi 24.

PHP :: Selisih Jam

Setelah kemarin kesulitan untuk melakukan increment ataupun decrement terhadap variabel waktu (date/time) di PHP, kali ini nemuin masalah untuk mencari selisih waktu (dari satu jam ke jam tertentu), yang perlu untuk ngitung lembur karyawan. Tadinya kepikiran untuk buat fungsi sendiri, yang flow -nya kira-kira begini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit, detik - bandingkan antara keduanya. - lakukan pengurangan terhadap masing-masing komponen (jam, menit dan detik) - gabungkan hasil perhitungan ... (selisih jam + selisih menit + selisih detik) Tapi waktu aku ingat kasus Next Date, ... muncul ide untuk menggunakan cara yang sama, yaitu memanfaatkan format UNIX timestamp, terus nyoba mencari selisihnya. TERNYATA BERHASIL !!! Flownya seperti ini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit,detik - ubah masing-masing ke format timestamp, gunakan fungsi mktime() - kurangkan kedua jam - hasilnya dibagi 60 (karena satuannya pakai menit), sementara selisih timestamp itu dalam detik Algori

Delphi :: Split String

Akhirnya ketemu juga cara untuk melakukan split string. (Terbiasa pakai PHP sih, yang sangat memanjakan dalam pengelolaan string.) Di sini memanfaatkan TStringList, unit Classes. // procedure untuk split string procedure Split (const Delimiter: Char; // delimiter charachter Input: string; // input string const Strings: TStrings) ; // list of string result begin Assert(Assigned(Strings)) ; Strings.Clear; Strings.Delimiter := Delimiter; Strings.DelimitedText := Input; end; // contoh pemakaian procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ; var A: TStringList; begin A := TStringList.Create; try Split(' ', 'your delphi guide', A) ; ShowMessage(a[0]) ; //your ShowMessage(a[1]) ; //delphi ShowMessage(a[2]) ; //guide finally A.Free; end; end; Source : http://delphi.about.com/cs/adptips2002/a/bltip1102_5.htm Wheew .. akhirnya. One step ahead!!