Skip to main content

Jaka Sembung Test PHP

Berikut salah satu posting dari milis php

Begini, ada sekitar 6 orang pelamar, semuanya kebetulan berlatar IT , padahal sebelumnya telah dijelaskan syarat-syarat yang tadi 2 wajib, 2 lagi optional.
Pertanyaan konyol tadi pagi gak ada yang bisa, cuma 3 soal :

1. Coba buat skrip koneksi mysql dengan PHP
2. Buatkan contoh skrip php untuk update,delete,insert,select
3. Coba buat perintah linux untuk menampilkan isi folder, delete file, copy file

karena kerjaan sehari-hari seperti itu di atas yang akan dilakukan, mereka tidak bisa, malah ada yang balik nanya "Apa itu PHP pak? untuk design web yah?", "Wah saya gak bisa kalau teori, harus praktek langsung di PC", kami berikan laptop pada orang itu, tetap saja prakteknya gak bisa, tapi tidak sampai sih mereka bilang "Wah, pak laptop-nya mesti Lenovo, gak bisa kalo pake Compaq Presario". Ada lagi yang bilang "Sudah lama sekali sih kuliah saya, jadi gak begitu inget lagi, kalo di bagian finansial, ada lowongan gak Pak?"

Soal yang sangat mudah kan?

Peace.
(-- maaf pak Herman, saya copy-paste tanpa permisi ... abis lucu ---)


Jadi inget pengalaman ngetest orang. Lulusan S1 Teknik Informatika Universitas Swasta di Jakarta yang terkenal. Soalnya simple, buat program untuk menghitung faktorial. Di kertas soal juga jelas-jelas sudah dikasih contoh : 4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24
Sebelumnya juga aku sudah sampaikan, kalau untuk test praktek sifatnya openbook. Boleh nyontek dari mana saja. Boleh lihat buku, boleh tanya om Google, boleh nelpon teman atau 50%-50% (eh .. yang ini gak ada ding).

Sang pelamar itu, masih fresh, berkali-kali mengutak-atik komputer. Tools yang kukasih memang cuma Notepad++, dan Firefox buat nunjukin hasilnya. 1 jam berlalu, 2 jam berlalu, kupikir dia sudah beranjak ke soal-soal berikutnya. Untuk memastikan, kudekatin dan kutanya, apakah ada masalah atau tidak.

Jawabannya, hampir membuatku tertawa. 
"Belum pak. Saya lupa. Dulu waktu kuliah pernah kok ngerjain soal begini juga. Tapi sekarang sudah lupa.".

Gubraaaakkkk... gabrukkkk ... wadezigggg ...

Soal segampang itu aja harus nginget-inget jaman kuliah. Lha wong S1 Informatika je, bukan S1 Peternakan. Mosok logika sederhana gitu aja harus dihapal. Busyettt ....  
Akhirnya aku biarkan dia terus mencoba, sampai akhirnya dia menyerah setelah hampir 4 jam. 

Comments

ahahahha mantep. mmg om, kebanyakan tenaga IT sekarang itu "IT LEPAS" cuma bsa tekhnisi tok.. kalo untuk urusan php dan web programming udah dirusak sama cms sampe PHP aja ga tau. Itulah realita IT negri ini.. miris.

Popular posts from this blog

PostGreSQL :: Hitung Umur

Ternyata untuk menghitung umur dari data yang disimpan di PostGreSQL sangat gampang. PostGreSQL sendiri sudah menyediakan fungsi yang mendukung. Beberapa fungsi yang bisa dipakai adalah AGE dan EXTRACT. AGE dipakai untuk menghitung umur dari sebuah data, dibandingkan dengan hari ini, atau dengan data lain (tipenya timestamp). Misal: age(timestamp '1980-09-27'), akan menghasilkan nilai (bertipe interval) "24 years 1 mon 25 days". Nah, kalau mau mengambil nilai tahunnya saja, tinggal menggunakan EXTRACT Contoh: EXTRACT(year FROM AGE(timestamp '2001-09-27')), hasilnya akan jadi 24.

PHP :: Selisih Jam

Setelah kemarin kesulitan untuk melakukan increment ataupun decrement terhadap variabel waktu (date/time) di PHP, kali ini nemuin masalah untuk mencari selisih waktu (dari satu jam ke jam tertentu), yang perlu untuk ngitung lembur karyawan. Tadinya kepikiran untuk buat fungsi sendiri, yang flow -nya kira-kira begini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit, detik - bandingkan antara keduanya. - lakukan pengurangan terhadap masing-masing komponen (jam, menit dan detik) - gabungkan hasil perhitungan ... (selisih jam + selisih menit + selisih detik) Tapi waktu aku ingat kasus Next Date, ... muncul ide untuk menggunakan cara yang sama, yaitu memanfaatkan format UNIX timestamp, terus nyoba mencari selisihnya. TERNYATA BERHASIL !!! Flownya seperti ini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit,detik - ubah masing-masing ke format timestamp, gunakan fungsi mktime() - kurangkan kedua jam - hasilnya dibagi 60 (karena satuannya pakai menit), sementara selisih timestamp itu dalam detik Algori

Delphi :: Split String

Akhirnya ketemu juga cara untuk melakukan split string. (Terbiasa pakai PHP sih, yang sangat memanjakan dalam pengelolaan string.) Di sini memanfaatkan TStringList, unit Classes. // procedure untuk split string procedure Split (const Delimiter: Char; // delimiter charachter Input: string; // input string const Strings: TStrings) ; // list of string result begin Assert(Assigned(Strings)) ; Strings.Clear; Strings.Delimiter := Delimiter; Strings.DelimitedText := Input; end; // contoh pemakaian procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ; var A: TStringList; begin A := TStringList.Create; try Split(' ', 'your delphi guide', A) ; ShowMessage(a[0]) ; //your ShowMessage(a[1]) ; //delphi ShowMessage(a[2]) ; //guide finally A.Free; end; end; Source : http://delphi.about.com/cs/adptips2002/a/bltip1102_5.htm Wheew .. akhirnya. One step ahead!!