Skip to main content

Membuat Aplikasi Pertama Anda Dengan Morfik

Pendekatan terbaik untuk menguasai perangkat pengembangan software yang baru seperti Morfik adalah dengan 'belajar sambil berlatih'  — dan inilah kesempatan Anda untuk melakukannya. Dalam pasal ini, Anda akan membuat aplikasi web pertama anda dari awal hingga akhir menggunakan beberapa fitur inti yang ada di Morfik. Tidak diperlukan pengetahuan awal tentang Morfik.




Pengantar

Artikel in fokus pada apa yang dapat Anda kerjakan dengan. Pada tahap ini Anda tidak perlu tahu bagaimana dan mengapa -- Anda akan mempelajarinya kemudian.

Membuat aplikasi pertama Anda - buku tamu

Di tahap ini, Anda mungkin berkata, "Hey, tunggu dulu! Aku tidak tahu apa-apa tentang Morfik, atau membangun aplikasi web untuk masalah itu!" Baik, jangan takut! Kami tidak hanya akan menunjukkan pada Anda bagaimana membangun aplikasi web dari awal sampai akhir, kami ingin membuktikan betapa cepat dan mudahnya - bahkan jika Anda tidak tahu apa-apa tentang pengembangan aplikasi!


Kita akan membangun sebuah aplikasi buku tamu online yang memungkinkan pengguna mengirim pesan ke papan pesan. Tugas ini membutuhkan tabel (untuk menyimpan pengguna dan komentar) dan antarmuka pengguna untuk melihat dan menambah komentar.
Selama proses pembuatan aplikasi ini - dengan fungsinya yang spesifik - Anda akan ditunjukkan banyak fitur inti dari Morfik.
Jika Anda belum melakukannya, silakan install Morfik terlebih dahulu. Instruksi lengkap ada di  sini. Jika sudah, jalankan Morfik dan ayo kita mulai!

Langkah 1—Buat Proyek

Untuk membuat aplikasi dengan Morfik, Anda harus membuat sebuah proyek untuk aplikasi. Untuk membuat sebuah proyek, klik menu 'New Project' pada tab Home|New di Ribbon Bar.

Gambar 1 Dialog Proyek Baru
Catatan: Ribbon Bar mungkin berubah secara dinamis tergantung konteksnya. Jika Anda telah membuka sebuah proyek, tombol 'New Project' mungkin tidak terlihat. Tutup proyeknya atau akses perintah New Project atau New Project Wizard dari Tombol Power Menu (Power Menu Button).



Dari daftar template yang tersedia pada dialog New Project kami memilih template yang paling cocok dengan proyek Anda. Kami memilih template 'Rocking Green', memberi nama 'GuestBook' dan membiarkan lokasi apa adanya dan di dalam folder baru.
Jika checkbox 'Create sample pages' dicontreng, proyek baru akan menyertakan beberapa halaman contoh (termasuk halaman untuk perangkat genggam). Halaman-halaman ini juga dapat ditambahkan setelah proyek dibuat melalui perintah 'New Page'.
Tekan tombol OK dan tunggu hingga proyek baru terbentuk. Proyek baru menyertakan template halaman utama untuk proyek yang disebut Index dan halaman template untuk Apple Iphone (Gambar 2). Dalam artikel ini kita akan fokus pada template halaman Index. Dalam proyek Morfik, Halaman menentukan antarmuka aplikasi Anda dan dan organisasi internal sebagaimana Anda menentukan penempatan isi dan struktur navigasi.


Gambar 2. Sebuah proyek berhasil dibuat.


Selamat! Anda berhasil membuat sebuah aplikasi web! Meskipun memang tidak memberi kegunaan apapun, namun bukan itu poinnya. Dengan menentukan pengaturan dasar, dan tanpa menulis baris kode apapun, Anda telah memiliki aplikasi yang dapat di-compile, eksekusi, dipasang dan memiliki database berkinerja tinggi!



Langkah 2 - Membuat dan Mengatur Table Komentar Tamu

Kita akan membuat table untuk menyimpan informasi tentang tamu dan komentar mereka. Kita akan menggunakan Table Wizard untuk membuat tabel dan menamai tabel itu 'Guests'.
Tekan tombol 'Table' pada tab 'Project|Document Wizards' di Ribbon Bar untuk menampilkan Table Wizard. Isikan "Guests" sebagai nama tabel seperti tampak pada Gambar 3.
Gambar 3: New Table Wizard - Nama Tabel

Tekan tombol Next untuk melanjutkan.
Kita sekarang perlu menamai kolom-kolom dalam tabel 'Guests'. Tekan tombol 'Add' untuk membuat kolom baru. Isi namanya jadi GuestID dan tipenya menjadi AutoNumber (Gambar 4) dan tekan tombol OK untuk menutup kotak dialog Field.

Gambar 4: Menentukan field pada New Table Wizard

Tekan tombol Add lagi untuk membuat kolom baru lainnya. Isi namanya Fullname dan tipenya Text dan kemudian tekan tombol OK untuk menutup kotak dialog Field. Ulangi langkah diatas untuk membuat 3 kolom tambahan :

COLUMNTYPE
EmailAddressText
CommentMemo
ContactMeYes/No

Setelah field-field tersebut ditambahkan di tabel, Anda seharusnya melihat daftar field seperti yang terlihat di Gambar 5. 
Gambar 5: Daftar Field yang sudah lengkap
Tekan tombol Next untuk melanjutkan.
Sekarang Anda tentukan bahwa GuestID seharusnya digunakan sebagai primary key sebagai penanda unik dari setiap record dalam tabel (Gambar 6). Pilih radiobutton  'Yes, use the following field(s) as the primary key' dan tekan tombol [..] untuk menampilkan kotak dialog Define Primary Key. Pilih kolom 'GuestID' dan tekan tombol OK untuk menutup kotak dialog itu.

Gambar 6: Tentukan primary key dalam Table Wizard
Tekan tombol Next untuk melanjutkan.
Kita telah selesai membuat tabel Guests. Tekan tombol Finish untuk menutupnya (Gambar 7).
Gambar 7: Menyelesaikan New Table Wizard

Anda akan melihat tabel dan field yang baru saja Anda buat melalui Table Design View (Gambar 8). Setiap penyesuaian field dapat diterapkan dari sini, tapi kita akan membiarkan konfigurasi apa adanya untuk aplikasi ini.
Gambar 8: Table Design View
Mumpung ada di sini, mari kita tambahkan record coba-coba di tabel Guests untuk tujuan testing. Tekan [F12] untuk beralih ke Table Data View (Gambar 9). Jawab 'Yes' jika ditanya konfirmasi untuk menyimpan data di tabel.
Di tab Home|Records pada Ribbon bar, klik perintah New Record.
Tambahkan nilai berikut ini dalam record:

FullName : Jon Citizen
EmailAddress: jon@citizen.com 
Comment: This is cool and I am very happy to have the first comments in this Guestbook sample project. Keep up the good job.
ContactMe: 1 
Gambar 9 : Table Data View
Kolom GuestID akan secara otomatis terisi dengan nilai 1 ketika record diupdate. Di tab Home|Records  pada Ribbon Bar, tekan tombol Update untuk menyimpan record baru.
Tutup tabel Guests. Tabel itu sekarang siap untuk digunakan dalam proyek Anda dan Anda seharusnya dapat melihat tabel baru di bawah kategori 'Tables' dalam Panel Project.


Langkah 3—Konfigurasi Antarmuka Pengguna di Aplikasi

Setiap pekerjaan untuk antarmuka pengguna dalam proyek dapat dimulai dari sebuah halaman (Page) yang diciptakan sebagai bagian dari template yang dipilih. Tergantung pada proyeknya, kita dapat memilih salah satu dari halaman yang ada di proyek sebagai halaman depan (home page) atau membuat halaman baru dengan layout yang lebih cocok denga proyek kita dan menggunakannya sebagai halaman depan (home page).
Karena GuestBook adalah proyek yang relatif sederhana, kita gunakan saja halaman Index yang sudah ada di proyek ini dan memulai desain antarmuka pengguna.

Gambar 10: Menggunakan halaman Index dalam proyek
Ketika bekerja dengan halaman (Pages), bagian dari halaman yang merupakan bagian dari Form Master (level paling atas dalam antarmuka) diredupkan (ditandai dengan 1 di Gambar 11). Sisa bagian lainnya dibagi menjadi bagian dengan menggunakan subform (ditandai dengan 2 di Gambar 11) dengan subform yang berisi form. Form merupakan kanvas yang akan menjadi tempat kerja untuk menciptakan antarmuka visual dari aplikasi.
Gambar 11: Halaman Index yang baru
Klik-ganda pada subform atau bagian yang redup dari halaman Index akan membuka form dalam subform atau form master proyek bergantian.
Mulailah dengan klik-ganda bagian header dari halaman itu (bagian dari Form Master)  untuk melihat Form Master (Gambar 12).
Gambar 12: Form Master Proyek (frmRoot)

Sesuaikan header form Master dengan proyek kita dengan beberapa perubahan seperti properti Caption dan Width di TextLabel1 dan TextLabel2:

TextLabel1 : TextLabel
CaptionGuestbook

TextLabel2 : TextLabel
CaptionWelcome to our guestbook, we'd love to hear from you
Width500px

GuestBook adalah proyek sederhana dengan hanya satu halaman dan tidak pelru navigasi jadi kita hilangkan daftar link. Kita juga menghapus link di Footer dari Form Master dengan menghapus 'Container6' yang mencakup semua link Footer. Simpan dan Tutup form frmRoot. Header halaman Index sekarang sudah terupdate (Gambar 13).
Gambar 13: Halaman Index pada Master Form yang diupdate


Halaman-halaman dalam proyek Morfik tersusun dari satu form atau lebih yang ditempatkan di lokasi tertentu pada halaman melalui penggunaan kontrol yang disebut SubForm. Kontrol SubForm mendefinisikan area sebuah halaman (atau form) tempat form lain disisipkan. Halaman-halaman kemudian dibuat melalui pengumpulan, formating dan pengaturan bermacam form. Klik-ganda pada SubForm di halaman Index untuk mulai merancang  Form dalam subform.
Form ini akan digunakan untuk menampilkan daftar komentar yang sudah dibuat termasuk mengijinkan tamu untuk mengisi komentar baru. Kaitkan Property Inspector seperti yang tampil di gambar 14:
Gambar 14: Form yang akan didesain 
Mulailah dengan mengatur properti form sebagai berikut:

frmEmpty
View ModevmContinuousEditable
Data SourceGuests
Page Size50

Mode tampilan "vmContinuousEditable" untuk form memungkinkan kita menampilkan banyak record, termasuk menambah atau mengedit tampilan saat program dijalankan (run-time) dengan perilaku seperti grid.
Pilih Insert Ribbon dan klik kontrol TextLabel di bagian Standard. Lalu klik kotak Details pada Form itu untuk meletakkan TextLabel di form. Sembari dipilih, beralihlah ke Home Ribbon, lalu klik pada perintah "Style" (di bagian Appearance) dan dari daftar drop-down pilihlah "Heading6". Sekarang kita isi beberapa properti dari TextLabel yang baru untuk menampilkan nama lengkap tamu.

TextLabel1 : TextLabel
Data FieldFullName
Left45px
Top15px
Width500px

Letakkan TextLabel kedua untuk komentar dan tempatkan di bawah nama lengkap tamu, dan sembari dipilih, lakukan perubahan properti sebagai berikut:

TextLabel2 : TextLabel
Can GrowYes
Data FieldComments
Left45px
Top42px
Width800px
Word WrapChecked

Kita juga menggambar garis antara setiap entry dengan meletakkan kontrol Rectangle dari tab Insert (dalam bagian Extended) di bawah TextLabel Comments dan lakukan perubahan properti 
Rectangle sebagai berikut.

Rectangle1 : Rectangle
Border SidesUn-check "bs Bottom", "bs Left", "bs right"
Border Width1px
ColorNone
Height7px
Left65px
Width785px

Klik pada kotak Details pada form dan atur properti berikut:

Detail : Band
Height94px

Berdasarkan perubahan di atas, form Anda seharusnya tampak seperti di Gambar 14:

Gambar 14: Updated Comments List Form

Langkah 4—Data Entry dan preview proyek

Form berikat data ini akan memberi kita daftar tamu dan komentar mereka dari tabel Guests tapi Anda mungkin bertanya bagaimana cara tamu menambah komentar mereka!
Jika Anda ingat, kita mengubah "View Mode" untuk form itu menjadi "vmContinuousEditable" yang membuatnya menjadi sebuah form "Continuous Editable" (dapat diubah secara beruntun). Form ini mencakup fungsi pengubahan record melalui pemakaian kotak editing khusus. Fitur pengubahan dalam form Continuous Editable secara otomatis diaktifkan dan dengan melakukan klik-ganda pada sebuah record saat program dijalankan memungkinkan untuk melakukan perubahan pada record yang tampil.
Namun masih ada beberapa fungsi yang kita pelru tambahkan dalam form agar dapat melakuan entry data saat program berjalan. Mari lakukan perubahan di kotak Edit dengan klik-kanan pada Form dan dari menu konteks Form, pilih “Customize Edit Band” (Gambar 15).
Gambar 15: Customize Edit Band di form Continuous Editable

Tindakan di atas membuat kotak Edit terlihat saat desain dan memungkinkan kita memodifikasinya bagi entry data. Ingatlah bahwa kotak Edit hanya terlihat di saat desain dan tampil saat program dijalankan hanya jika menjalankan perintah membuat record baru.
Secara default, kotak Edit hanya melibatkan kontrol pengubahan bagi field-field yang tampil di kotak Details. Kita akan memodifikasi kotak Edit agar menampilkan dan memungkinkan pengubahan data untuk semua field, kecuali field "GuestID" yang memiliki tipe Auto-Number dan otomatis diisi oleh sistem.
Klik pada kotak Edit dan ganti properti Height seperti saran berikut:

DetailEditable : Band
Height232px

Pilih kontrol edit yang ada untuk field FullName (Edit_TextLabel1) dan ganti properti berikut:

Edit_TextLabel1 : TextEdit
Left161px
Top18px
Width600px

Selanjutnya, pilih kontrol edit untuk field Comments (Edit_TextLabel2) dan ganti properti berikut:

Edit_TextLabel2 : TextEdit
Left161px
Height92px
Top53px
Width600px

Sekarang saatnya  menambahkan kontrol pengubahan untuk field-field yang tidak terdapat dalam kotak Edit dengan menambahkan kontrol TextEdit baru dan mengatur Data Field-nya ke field EmailAddress dari tabel Guests.
Untuk menyingkat waktu, buatlah salinan dari kontrol TextEdit itu. Klik pada kontrol Edit untuk field FullName (Edit_TextLabel1), lalu klik-kanan dan pilih Copy (Ctrl+C) untuk menyalin kontrol. Klik-kanan pada form dan klik Paste (atau Ctrl+V) untuk menambahkan kontrol TextEdit baru di form.
Lakukan perubahan properti berikut pada TextEdit yang baru:

Edit_TextLabel3 : TextEdit
Data FieldEmailAddress
Left161px
Top155px
Width600px

Kontrol terakhir yang ditambahkan adalah field "Contact Me" yang bertipe Boolean. Klik pada tab Insert Ribbon dan pada daftar kontrol di bagian Standard, klik kontrol Checkbox. Pindahkan kursor kebawah di bawah kontrol EmailAddress dan klik lagi. Pastikan checkbox baru itu dicentang dan lakukan perubahan properti berikut:

Edit_Checkbox1 : CheckBox
CaptionContact Me
Data FieldContactMe
Left161px
Top189px

Langkah terakhir mengubah kotak Edit kita tambahkan nama untuk masing-masing kontrol pengubah. Klik pada kontrol TextLabel in tab Insert Ribbon dan letakkan di sebelah kontrol pengubahan untuk field Fullname. Sembari dipiih, pergilah ke Home Ribbon, klik dropdown "Style" dan pilih "Heading6" untuk melakukan format pada TextLabel dan membuatnya menyarankan perubahan properti berikut:

TextLabel7 : TextLabel
CaptionGuest Name
Left45px
Top19px

Ikuti langkah-langkah di atas tadi untuk memberi nama pada setiap kontrol pengubah dan mengisi properti Caption dan Top sesuai dengan field yang dituju.
Pengubahan Kotak Edit sudah selesai dan langkah terakhir sebelum kita melakukan preview proyek adalah menambahkan kotak Navigasi di bagian bawah form.
Perlebar kotak Footer dengan meletakkan mouse di atas garis batas antara kotak Details dan kotak Footer dan klik dan klik-tarik dengan mouse ketika kursor terlihat seperti panah berujung ganda dan seret ke bawah hingga tingginya sekitar 45px.
Klik pada kotak Footer yang kosong dan di daftar properti dari Footer itu, klik pada kotak lonjong "Navigation Bar". Ini akan menampilkan dialog Navigation Bar. Centang checkbox "Enabled" dan "Large Buttons" (seperti terlihat di gambar 16) dan klik tombol OK.

Gambar 16: Form Dialog Navigation Bar
Anda akan bisa melihat kotak navigasi di Form Footer yang berisi perintah Adding (menambah baru), Deleting (menghapus), Editing (mengubah) and Submitting (mengirim) record. Semua perintah pada kotak navigasi ini bisa diatur atau bisa juga disembunyikan.
Setelah pengaturan kotak Edit di atas dan perubahan form telah dilakukan, form Anda akan terlihat seperti gambar 17.
Gambar 17: Form Guest Comment saat desain
Sekarang kita telah menyelesaikan aplikasi pertama kita dan dapat melihat aplikasi itu dengan mengeklik tombol Run. Dengan segera Anda akan dapat melihat aplikasi Anda dalam browser bawaan (Gambar 18).
Catatan: Di sistem yang dilindung Firewall, 'Windows Security Alert' akan tampil saat menjalankan proyek atau melakukan preview form. Dialog itu bisa tidak dimunculkan lagi dengan mengeklik "Unblock".


Gambar 18: Aplikasi Guestbook ketika dijalankan
Cobalah menambah, mengubah dan menghapus beberapa komentar coba-coba untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan baik. Tentau saja Anda dapat mengubah lagi kotak navigasi dan menyembunyikan beberapa perintah seperti Delete dan Editing.


Catatan: Browser Debug Morfik bawaan digunakan untuk menampilkan aplikasi Anda saat dijalankan. Ada 5 browser utama dan perangkan genggam p ada browser debug itu yang memungkinkan Anda menampilkan aplikasi Anda pada browser yang berbeda dan perangkat genggam. Untuk dapat menggunakan browser tersebut, Anda perlu menginstallnya di sistem Anda.

Langkah 5—Validasi Entry Data

Ada rutin sederhana yang dapat Anda berikan di proyek ini meningkatkan integritas data dan fungsionalitasnya.
Sebagai contoh di form data entry, kita dapat memeriksa apakah data yang diberikan benar di kontrol TextEdit sebelum mengirim data dan menampilkan pesan tidak data yang diberikan tidak valid. Untuk melakukan ini, di form data entry, klik-ganda pada event 'On Before Submit' dan menambahkan kode berikut:
FX Code
Procedure frmEmpty.WebFormBeforeSubmit(Var Cancel: Boolean);
Begin
    If (Edit_TextLabel1.Text.Trim = '') OR
       (Edit_TextLabel2.Text.Trim = '') OR
       (Edit_TextLabel3.Text.Trim = '') Then
       Begin
           Cancel := True;
           ShowMessage('All fields require data!')
       End;
End;


Kesimpulan

Selamat! Anda telah menyelesaikan aplikasi Morfik pertama Anda! Untuk You've just completed your first Morfik application! Untuk lebih memberdayakan konsep 'belajar sambil berlatih', kami sarankan Anda mempelajari contoh proyek yang telah terinstall dengan Morfik. Mempelajari daleman dari aplikasi yang dikembangkan secara profesional adalah pendekatan lain untuk belajar.

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel resmi di website Morfik : Building Your First Application with Morfik

Comments

Popular posts from this blog

PostGreSQL :: Hitung Umur

Ternyata untuk menghitung umur dari data yang disimpan di PostGreSQL sangat gampang. PostGreSQL sendiri sudah menyediakan fungsi yang mendukung. Beberapa fungsi yang bisa dipakai adalah AGE dan EXTRACT. AGE dipakai untuk menghitung umur dari sebuah data, dibandingkan dengan hari ini, atau dengan data lain (tipenya timestamp). Misal: age(timestamp '1980-09-27'), akan menghasilkan nilai (bertipe interval) "24 years 1 mon 25 days". Nah, kalau mau mengambil nilai tahunnya saja, tinggal menggunakan EXTRACT Contoh: EXTRACT(year FROM AGE(timestamp '2001-09-27')), hasilnya akan jadi 24.

PHP :: Selisih Jam

Setelah kemarin kesulitan untuk melakukan increment ataupun decrement terhadap variabel waktu (date/time) di PHP, kali ini nemuin masalah untuk mencari selisih waktu (dari satu jam ke jam tertentu), yang perlu untuk ngitung lembur karyawan. Tadinya kepikiran untuk buat fungsi sendiri, yang flow -nya kira-kira begini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit, detik - bandingkan antara keduanya. - lakukan pengurangan terhadap masing-masing komponen (jam, menit dan detik) - gabungkan hasil perhitungan ... (selisih jam + selisih menit + selisih detik) Tapi waktu aku ingat kasus Next Date, ... muncul ide untuk menggunakan cara yang sama, yaitu memanfaatkan format UNIX timestamp, terus nyoba mencari selisihnya. TERNYATA BERHASIL !!! Flownya seperti ini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit,detik - ubah masing-masing ke format timestamp, gunakan fungsi mktime() - kurangkan kedua jam - hasilnya dibagi 60 (karena satuannya pakai menit), sementara selisih timestamp itu dalam detik Algori

Delphi :: Split String

Akhirnya ketemu juga cara untuk melakukan split string. (Terbiasa pakai PHP sih, yang sangat memanjakan dalam pengelolaan string.) Di sini memanfaatkan TStringList, unit Classes. // procedure untuk split string procedure Split (const Delimiter: Char; // delimiter charachter Input: string; // input string const Strings: TStrings) ; // list of string result begin Assert(Assigned(Strings)) ; Strings.Clear; Strings.Delimiter := Delimiter; Strings.DelimitedText := Input; end; // contoh pemakaian procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ; var A: TStringList; begin A := TStringList.Create; try Split(' ', 'your delphi guide', A) ; ShowMessage(a[0]) ; //your ShowMessage(a[1]) ; //delphi ShowMessage(a[2]) ; //guide finally A.Free; end; end; Source : http://delphi.about.com/cs/adptips2002/a/bltip1102_5.htm Wheew .. akhirnya. One step ahead!!