Skip to main content

Internet of Things, Opo Kuwi?

Belakangan ini aku sering mendengar istilah Internet of Things, tapi gak gitu paham apa maksudnya. Sejauh ini sih aku cuek saja, toh belum bersinggungan dengan pekerjaan. Akhirnya pagi ini tertarik dengan satu link video yang memberi penjelasan tentang IoT ini.


Intinnya adalah  benda-benda bisa berkomunikasi satu sama lain lewat internet, bahkan tanpa campur tangan manusia. Apakah ini hal baru? Tergantung definisi barunya sejak kapan, yang jelas sih kalau di film-film sudah sering kita tonton kisah-kisah fiksi tentang teknologi ini.

Tapi sekitar 10 tahun lalu aku sudah sempat mendengarkan cerita dari Pak Bagus Mahawan tentang hal ini. Hanya saja waktu itu istilah IoT belum ada.

Dalam sebuah perjalanan penuh macet menuju pertemuan dengan salah satu client di Jakarta, pak Iwan berkisah tentang apa yang sedang terjadi di Jepang. Terkesan bahwa saat ini mereka sedang stagnan dalam perkembangan teknologi, dan mulai kalah dengan negara lain. Makanya mereka sedang mengembangkan konsep IT yang disebut dengan ubiquity. Kurang lebihnya itu lah. Intinya teknologi yang akan menghubungkan peralatan-peralatan, bisa rumah tangga atau dimanapun.

Misalnya ada kulkas yang bisa mendeteksi stok susu. Jika susu sudah habis, atau hampir habis, sistem di kulkas itu akan memberi informasi ke pemilik. Atau bisa langsung menghubungi pihak supermarket tertentu untuk memesan susu secara otomatis. Obrolan yang cukup menarik waktu itu karena penggunaan teknologi yang cerdas dan tepat bisa sangat mempermudah dan memanjakan hidup.

Tapi di satu sisi aku juga pesimis, dari sisi keamanan. Adanya integrasi system, apalagi kalau sampai terhubung ke internet, berarti akan memungkinkan celah untuk hacker atau pihak lain untuk menerobos sistem dan ngobok-obok semua perangkat yang terhubung. Apa gak bahaya? Kebanyakan nonton film tentang hacker, apalagi yang terakhir dari Fast and Furious 6 soal God's Eye :)

Di luar masalah pesimis, tampaknya IoT adalah hal lain yang akan berkembang dan perlu dipertimbangkan kalau ingin selalu uptodate dengan perkembangan teknologi.

Comments

Popular posts from this blog

PostGreSQL :: Hitung Umur

Ternyata untuk menghitung umur dari data yang disimpan di PostGreSQL sangat gampang. PostGreSQL sendiri sudah menyediakan fungsi yang mendukung. Beberapa fungsi yang bisa dipakai adalah AGE dan EXTRACT. AGE dipakai untuk menghitung umur dari sebuah data, dibandingkan dengan hari ini, atau dengan data lain (tipenya timestamp). Misal: age(timestamp '1980-09-27'), akan menghasilkan nilai (bertipe interval) "24 years 1 mon 25 days". Nah, kalau mau mengambil nilai tahunnya saja, tinggal menggunakan EXTRACT Contoh: EXTRACT(year FROM AGE(timestamp '2001-09-27')), hasilnya akan jadi 24.

PHP :: Selisih Jam

Setelah kemarin kesulitan untuk melakukan increment ataupun decrement terhadap variabel waktu (date/time) di PHP, kali ini nemuin masalah untuk mencari selisih waktu (dari satu jam ke jam tertentu), yang perlu untuk ngitung lembur karyawan. Tadinya kepikiran untuk buat fungsi sendiri, yang flow -nya kira-kira begini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit, detik - bandingkan antara keduanya. - lakukan pengurangan terhadap masing-masing komponen (jam, menit dan detik) - gabungkan hasil perhitungan ... (selisih jam + selisih menit + selisih detik) Tapi waktu aku ingat kasus Next Date, ... muncul ide untuk menggunakan cara yang sama, yaitu memanfaatkan format UNIX timestamp, terus nyoba mencari selisihnya. TERNYATA BERHASIL !!! Flownya seperti ini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit,detik - ubah masing-masing ke format timestamp, gunakan fungsi mktime() - kurangkan kedua jam - hasilnya dibagi 60 (karena satuannya pakai menit), sementara selisih timestamp itu dalam detik Algori

Delphi :: Split String

Akhirnya ketemu juga cara untuk melakukan split string. (Terbiasa pakai PHP sih, yang sangat memanjakan dalam pengelolaan string.) Di sini memanfaatkan TStringList, unit Classes. // procedure untuk split string procedure Split (const Delimiter: Char; // delimiter charachter Input: string; // input string const Strings: TStrings) ; // list of string result begin Assert(Assigned(Strings)) ; Strings.Clear; Strings.Delimiter := Delimiter; Strings.DelimitedText := Input; end; // contoh pemakaian procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ; var A: TStringList; begin A := TStringList.Create; try Split(' ', 'your delphi guide', A) ; ShowMessage(a[0]) ; //your ShowMessage(a[1]) ; //delphi ShowMessage(a[2]) ; //guide finally A.Free; end; end; Source : http://delphi.about.com/cs/adptips2002/a/bltip1102_5.htm Wheew .. akhirnya. One step ahead!!