Skip to main content

Mengatur Password MariaDB Yang Baru Diinstal di Ubuntu

Oke, sebenarnya ini masalah sepele, tapi karena aku sering lupa, aku catat saja.

Ceritanya aku baru nyoba-nyoba lagi install Linux, terpaksa pakai Ubuntu lagi karenan entah mengapa nyoba install Linux Mint gagal melulu. Selanjutnya seperti biasa, install Apache, PHP, Postgresql dan MariaDb - versi gratisan dari MySQL. Termasuk tentu saja install phpmyadmin.
Catatan: yang aku install adalah versi terbaru yang tersedia di ubuntu, yaitu Ver 15.1 Distrib 10.1.44-MariaDB.

Sebenarnya saat install phpmyadmin, ada permintaan untuk mengisi password. Tapi karena kurang fokus, aku lupa. Pas sekarang butuh mau pakai MariaDb, baru bingung.
Aku coba jalankan perintah biasa di console:

> mariadb -u root -p 

Pas aku masukin password kosong, error. Pas nyobain pakai password standard yang aku pakai, gagal juga.


Jadinya aku coba lagi di console,
> sudo mariadb -u root
Ketika diminta password, yang aku masukkan adalah password ke server (karena sudo). Eh, berhasil masuk.
MariaDB [(none)] > use mysql;
MariaDB [mysql] > select user, password, host from user;

Akan tampil daftar user dan password, dan ternyata hanya ada 2 user: root dan phpmyadmin. Password root ternyata kosong.

MariaDB [mysql] > update user set password = password('password_baru') where user = 'root';
Pas aku query lagi user dan password, password untuk root sudah berubah. Tapi saat aku keluar dari console MariaDB dan coba masuk lagi cara normal
> mariadb -u root -p 
kemudian memasukkan password yang barusan aku buat, ternyata masih gagal. 
Jadi aku masuk lagi dengan cara 
> sudo mariadb -u root
Ternyata aku harus mengubah authentication_string dan plugin  di record user terkait. Mengikuti petunjuk di artikel tadi, aku jalankan perintah berikut.

MariaDB [(none)]> use mysql;
MariaDB [mysql]> update user set authentication_string = '' where user = 'root';
MariaDB [mysql]> update user set plugin = '' where user = 'root';

Selanjutnya keluar dari console MariaDB, dan coba masuk lagi dengan user dan password root tadi, sukses.
Selanjutnya aku coba jalankan phpmyadmin, masukkan user root dan password root yang baru, sukses.

NB: menurut artikel, untuk database mysql, ada perlakuan berbeda. Alih-alih dikosongkan, nilai authentication_string harus diisi dengan password('password_baru'), sedangkan plugin diisi dengan mysql_native_password.
MariaDB [mysql]> update user set authentication_string = password('password_baru') where user = 'root';
MariaDB [mysql]> update user set plugin = 'mysql_native_password' where user = 'root';

Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

PostGreSQL :: Hitung Umur

Ternyata untuk menghitung umur dari data yang disimpan di PostGreSQL sangat gampang. PostGreSQL sendiri sudah menyediakan fungsi yang mendukung. Beberapa fungsi yang bisa dipakai adalah AGE dan EXTRACT. AGE dipakai untuk menghitung umur dari sebuah data, dibandingkan dengan hari ini, atau dengan data lain (tipenya timestamp). Misal: age(timestamp '1980-09-27'), akan menghasilkan nilai (bertipe interval) "24 years 1 mon 25 days". Nah, kalau mau mengambil nilai tahunnya saja, tinggal menggunakan EXTRACT Contoh: EXTRACT(year FROM AGE(timestamp '2001-09-27')), hasilnya akan jadi 24.

PHP :: Selisih Jam

Setelah kemarin kesulitan untuk melakukan increment ataupun decrement terhadap variabel waktu (date/time) di PHP, kali ini nemuin masalah untuk mencari selisih waktu (dari satu jam ke jam tertentu), yang perlu untuk ngitung lembur karyawan. Tadinya kepikiran untuk buat fungsi sendiri, yang flow -nya kira-kira begini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit, detik - bandingkan antara keduanya. - lakukan pengurangan terhadap masing-masing komponen (jam, menit dan detik) - gabungkan hasil perhitungan ... (selisih jam + selisih menit + selisih detik) Tapi waktu aku ingat kasus Next Date, ... muncul ide untuk menggunakan cara yang sama, yaitu memanfaatkan format UNIX timestamp, terus nyoba mencari selisihnya. TERNYATA BERHASIL !!! Flownya seperti ini: - masing-masing dipisah menjadi jam, menit,detik - ubah masing-masing ke format timestamp, gunakan fungsi mktime() - kurangkan kedua jam - hasilnya dibagi 60 (karena satuannya pakai menit), sementara selisih timestamp itu dalam detik Algori

Delphi :: Split String

Akhirnya ketemu juga cara untuk melakukan split string. (Terbiasa pakai PHP sih, yang sangat memanjakan dalam pengelolaan string.) Di sini memanfaatkan TStringList, unit Classes. // procedure untuk split string procedure Split (const Delimiter: Char; // delimiter charachter Input: string; // input string const Strings: TStrings) ; // list of string result begin Assert(Assigned(Strings)) ; Strings.Clear; Strings.Delimiter := Delimiter; Strings.DelimitedText := Input; end; // contoh pemakaian procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ; var A: TStringList; begin A := TStringList.Create; try Split(' ', 'your delphi guide', A) ; ShowMessage(a[0]) ; //your ShowMessage(a[1]) ; //delphi ShowMessage(a[2]) ; //guide finally A.Free; end; end; Source : http://delphi.about.com/cs/adptips2002/a/bltip1102_5.htm Wheew .. akhirnya. One step ahead!!